Dilema Intelektualitas Kaum Takfiri

Salah satu tanda ideologi yang prima adalah, memiliki sifat terbuka (inklusif), siap disandingkan, dikomparasikan, dan dibenturkan dengan ideologi lainnya. salah satu tanda ideologi yang rapuh adalah tertutup (eksklusif), kaku, jumud, tak siap disandingkan, dikomparasikan dan dibenturkan dengan pemikiran dan ideologi lainnya. karena itulah doktrinnya adalah ketaatan (obedient) mutlak pada pemimpinnya (ustad, murabbi, jundi, etc), nanya sedikit aja dituduh ‘murtad’, kritis dikit aja dituding ‘kafir’… pokoknya harus sami’na wa atho’na. titik. kalok kagak berarti sesat, murtad, kapir, dst, etc..

semalem saat diantar Kang Dodi Sudrajat dari Cimahi ke Bandung, salah satu cerita Kang Dodi yang menarik adalah ketika ia menceritakan ada beberapa kawannya yang profesional dan secara akademis itu udah S1, S2, S3 (artinya, pinter secara intelektual) tapi pola pikirnya itu begitu kaku, rigid, jumud dan takfiri abis ketika bicara soal agama dan keyakinan…

kalo orang yg emang tidak berpendidikan sih masih bisa lah dimaklumi kalok pola pikirnya jumud. tapi kenapa mereka yg berpendidikan tinggi, yg mestinya cerdas, pintar, dan akademis itu kok ketika bicara soal agama langsung menaruh kecerdasan, kekritisan, dan kecemerlangan otaknya itu di dengkul, ya…?

ketika bicara soal akademi dan profesionalitas kerja, mereka begitu kritis, argumen harus jelas, data dan fakta musti valid. harus ada cross-check dan cover both sides. pokoke keren lah… tapi ketika ngomong soal agama dan keyakinan, tiba-tiba saja itu semua dibungkus dan ditaruh di dengkul… berita hoax ditelan mentah-mentah. ada fitnah dipercaya dan di-share tanpa klarifikasi dan tabayyun. gampang banget memvonis tanpa mau mendengar pembelaan bin pledoi ybs, arogan mengaku yang paling bener, dll, dsb, etc…

keheranan yang sama yang banyak diamini oleh banyak kawan-kawan saia juga. termasuk saia sendiri tentunya…. hehe… ‪#‎tanya_kenapa…???

Jonali

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s